Assalamuallaikum..

   Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Kateterisasi.
Kateterisasi Jantung adalah prosedur medis yang bertujuan untuk mendeteksi kondisi jantung, serta mengatasi berbagai penyakit jantung dengan menggunakan Kateter yaitu sebuah alat yang menyerupai selang yang tipis berukuran panjang yang dimasukkan ke pembuluh darah , kemudian diarahkan menuju ke jantung. Pembuluh darah yang dimasukan selang bisa dari lengan jika tidak bisa dekat selangkangan, Alhamdulillah ibu saya bisa dari lengan waktu itu.

Saya banyak bertanya pada ibu saya, beliau bercerita : saat kateterisasi tidak terasa sakit, yang sakit itu waktu disuntik bius bagian lengannya dua kali, setelah itu sekujur tubuhnya dibungkus plastik , mungkin lebih seperti jas hujan, dia tidak melihat layar monitor apapun, hanya mendengar suara dokter dan perawat, tindakan apa yang dilakukan Dokter disana dia tidak tau jelas karena ada layar besar menutupinya, proses Kateternya tidak lama mungkin tidak lebih dari 1 jam. Perawat bilang sebetulnya proses Kateterisasi sebentar dan tidak memerlukan rawat inap, ibu saya perlu dirawat karena kadar keratinnya yang tinggi. Semoga sedikit info ini bisa menjadi sedikit bayangan buat kalian/ keluarga lainya yang akan menjalani proses kateterisasi.

   Saya juga ingin share langkah-langkah administrasi di RSPJNHK saat Dokter menyarankan Kateterisasi. Terus terang saya tuh gak paham apa itu Kateterisasi, Dokter menyuruh saya membawa lembaran kertas ke perawat yang ada di ruangannya untuk meminta Jadwal Kateter, saya pun menuju perawat yang kemudian membaca lembaran yang diberikan oleh Dokter, Perawatnya bilang untuk mendapatkan jadwal Kateter harus dua hari dari sekarang. Beliau (perawat) meminta saya membawa surat permohonan tindakan ke lt .2 menemui Pak Agus , sampai sekarang ini saya tidak tahu siapa itu Pak Agus .
Saya nurut aja tuh, saya dan Ibu saya ke Lt.2 ada Security disana, saya tanya saya mau menemui Pak Agus, kemudian saya ditunjukan sebuah ruangan disana yang pasti ada orang yang bernama Pak Agus, beliau mengambil lembar permohonan tindakan, lalu tanpa basa basi bertanya kapan bisa dan siap di Kateter?
bagaimana kalau sabtu karena saya libur bekerja ?
kalau sabtu itu swasta!
Swasta maksudnya ?
Bayar sendiri..#sambilsenyum
Kalau bayar sendiri emang berapa ? #kepo
siapkan saja Rp 11,5 jt #senyumgakjelas ..jadi mau Swasta atau BPJS ?
BPJS aja lah pak..
ok, gitu deh...sabtu minggu swasta ..jumat jadinya ya..keratinnya tinggi ya ibu..
hmmm beliau baru menyadari keterangan yang ditulis perawat sebelumnya bahwa jadwal kateter jaraknya 2 hari dari sekarang...
gak bisa jumat ini ,senin aja ya ?..nanti minggunya jam 10 harus kesini , bawa kertas ini  ke Loket C #sambilnulisdikertas sudah saya tulis disitu loket C, ingat nanti kateternya hari senin.

jadi ini dirawat ya pak ?
iya , tes labnya sekarang ya..yg kertas ini bawa ke Lab, Labnya di bawah paling ujung.
baik..

masih bingung dengan apa sih Kateterisasi, aku googling tentang Kateterisasi jantung ini merupakan tindakan medis yang dirancang untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung Anda.  Prosedur ini juga penting dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat masalah pada jantung dan mengobati beberapa masalah jantung.
untuk memastikannya lagi aku balik ke ruangan EKG aku tanya pada perawat ,
apakah Kateterisasi sakit? Ibu saya nanti di apakan? kenapa perlu dirawat ? saya perlu tau agar ditanya sama orang dirumah saya bisa menjawab.
ngak sakit dan sebentar doang, nanti ibunya dimasukin selang tipis kalau tidak di tangan mungkin disekitar selangkangan..gak apa-apa kok bu, lebih baik kita tau letak penyakitnya dimana biar tidak terulang lagi kejadian serangan jantung kemarin, lagi pula gratis ini kan?.
ternyata yang diterangkan perawat sama persis dengan yang saya baca di google.

saat itu Jam 11 siang.
Setelah mengerti, saya mengajak ibu saya ke Lab untuk diambil darahnya, di Lab kita mengambil no antrian pada mesin yang berada di depan Admin Lab untuk nanti di pangil sesuai urutan.
saya menyerahkan pengantar untuk pemeriksaan lab yang diberikan Pak Agus tadi, jika disetujui petugas meminta kami menunggu di ruangan sebelah untuk antri diambil darahnya, sesudah ambil darah petugas memberikan kertas kecil untuk mengambil hasil lab nanti, infonya hasil lab dapat diambil sekitar 2~2.5 jam dari sekarang. itu berarti sekitar jam 13.00 atau 13.30 WIB, Duh nunggu lagi..lama menunggu , bolak balik kaya gosokan, gak sabar jam 12.00 lewat aku ke lab dengan harapan siapa tau sudah ada hasil labnya...
permisi mba say...apa hasil lab Ny Halimah sudah keluar ?
atas nama Halimah ?..bisa sebutkan tgl lahirnya?
10 November 54..#yeeeeee
tak lama petugas mengeprint hasil Lab, ternyata keterangan 2~2.5 itu meleset tajam....
huuh... akhirnya kami pun kembali pulang kerumah.


   Sesuai schedule hari minggu pagi kami ke RSPJNHK, memang instruksinya jam 10 ke loket C, namun saat petugasnya mulai buka loket jam 07.30 WIB saya pun langsung daftar.
petugas AGAK JUDES meminta saya untuk menulis no telp yang aktive dan bisa dihub lalu menunggu diluar. Saya dapat bisikan dari pasien lain katanya nanti kalau sudah bisa di process akan di telp di nomor yang kita kasih tadi, akhirnya saya pun ke mobil, ke toilet dan muter-muter di area lainya, tapi kok perasaan saya gak enak sudah 30 menit dari waktu mendaftar tidak ada bunyi telp di hp saya, saya pun kembali ke loket C, saya lihat dua pasien yang daftar sebelum saya  sudah di pangill dan di process, saya pikir pasti sesudah mereka nanti saya .
Ternyata tidak demikian nama ibu saya tidak di panggil panggil malah antrian pendaftar makin bertambah , saya pun memberanikan diri bertanya pada petugas dan memberitahu bahwa saya belum dapat kertas persetujuan seperti yang lainya tadi, petugasnya malah langsung marahin saya katanya:
"Ibu Halimah sudah dipanggil-panggil sampai 5 kali kenapa gak ada? dari tadi kemana ?"
Jadi ya peringatan buat kalian kalau lagi process pendaftaran / verifikasi atau lainya jangan jauh jauh dari loketnya. Proses kerja mereka itu cepet kalau kita disuruh nunggu lama itu tuh Hoak , supaya kita gak terlihat numpuk antri disana , mereka menggiring opini kita untuk pergi jauh dari sana, giliran kita gak ada, mereka process yang lagi exist disana.

lanjut saat pendaftaran kembali kita disuruh menyebutkan tgl lahir pasien, BPJS mandiri atau perusahaan, dua no hp yang aktive, tanda tangan keluarga yang bertanggung jawab dan pasien.
sebelum tanda tangan kita disuruh membaca yang tertulis disurat persetujuan rawat inap pasien, jika sudah mengerti dan tidak berkeberatan maka silahkan tanda tangan. Selesai dari Loket C kita diarahkan ke loket A (kasir) dengan membawa kertas tembusan dari loket C, saat di kasir kita akan ditanya alamat sesuai KTP pasien dan Tgl lahir pasien , serta menunjukan rujukan asli dari RSUD setempat.
Selesai dari Kasir kita diarahkan kembali ke loket C dengan membawa kertas dari kasir tadi. Petugas loket C kembali memberikan surat yang  harus di bawa ke loket B besok jam 7.30 WIB untuk meminta verifikasi. Selesai kami disuruh menunggu diluar , saya tidak mau jauh-jauh jadi saya stand by didepan loket C, tidak lama petugas memanggil nama pasien dan memasang gelang pasien pada Ibu saya dan beberapa pasien lainnya. Petugas Loket C bilang akan ada petugas yang mengantar kami ke ruang perawatan. Petugas juga menyarankan untuk keluarga pasien mengambil kursi roda agar pasien didorong keruang perawatan.

Lalu kami menuju Gedung 2 tempat perawatan untuk persiapan Ibu saya menjalani Kateterisasi. Sesuai jadwal Minggu pagi ibu saya dibawa oleh petugas medis ke Ruang RR yang berada di Gedung 1 lt 2 pada jam 07.30 WIB , sementara ibu saya di ruang RR saya pergi ke loket B yang ada di lt .1 untuk meminta verifikasi, setelah mendapat verifikasi saya kembali ke ruang RR untuk menyerahkan kertas yang sudah diverifikasi tadi. Namun saya keluarga pasien di suruh menunggu di Lt 3, disana ada ruang tunggu khusus keluarga pasien yang sedang ada tindakan. Jika sudah selesai atau pihak RS memerlukan sesuatu ada petugas yang akan memanggil keluarga pasien, saya pun menurut menunggu disana. Kurang lebih pada jam 10.15 WIB ada petugas memanggil keluarga atas nama Ibu saya , petugas menyuruh saya ke lt .2 , saat tiba di Lt 2 ada petugas disana bertanya kepada saya mencari pasien atas nama siapa , saat saya sebut nama ibu saya dan tgl lahirnya , petugas bilang ibu saya sudah dibawa kembali ke ruang perawatan di gedung 2 saya pun heran sekaligus lega, lalu bergegas menyusul ibu saya ke ruang perawatan gedung 2.
  Saat tiba diruang perawatan Ibu saya terlihat sadar dan sedang bicara dengan perawat, perawat bilang tensi ibu saya normal dan bagus sambil pamit meninggalkan kami. Saya lihat ibu saya tampak biasa saja, sama seperti sebelum dibawa ke ruang kateter , hanya lengan kanan bagian dalam diperban, perawat bilang ibu saya boleh pulang tapi besok, karena harus tes darah untuk check ginjalnya apakah ada pengaruh signifikan terhadap ginjalnya, mengingat ibu saya memang konplikasi dengan ginjalnya.


demikian cerita saya
buat kalian yang punya pengalaman pribadi seperti saya yang mengurus orang tua bolak balik ke rumah sakit. Semangat yaaa...Semoga kita diberi kesabaran dan kemudahan dalam setiap prosesnya, semoga bisa saling menguatkan dan Allah selalu bersama kita...aamiin ya robbal'allamin..