Tiktok atau Youtube shorts ?
Hallo para new kreator !!
Mungkin ada beberapa yang sedang mempertimbangkan cara mana yang lebih mudah dan cepat mengenalkan kreasi atau konten kita ke publik, Tiktok atau Youtube shorts ?.
Menurut pendapat saya sebagai konten kreator wajib untuk memiliki akses kedua platform ini, gak ada alasan untuk tidak menggunakan keduanya.
Keduanya memiliki pasang surut , kadang yang di youtube konten tidak banyak viewer justru di tiktok malah ramai pengunjung, begitu sebaliknya.
Tiktok lebih mudah untuk mendapatkan momentum , jadi setelah beberapa video viral, baru mulai memposting ulang ke YTS dan biarkan algoritme melakukan sisanya , walau Tiktok lebih mudah menggiring pengikut , saya merasa Shorts lebih unggul sebagai cara untuk membuat penonton tertarik dengan konten berdurasi panjang milik kreator.
Mengapa lebih mudah mendapat pengikut di Tiktok, salah satu alasannya karena penggunanya lebih banyak dari pada di Google, saya kadang merasa aneh dengan alogaritmenya Tiktok, saya coba posting secara acak tidak menentu hari atau jam , lalu saya analisa hari, jam dan lainya untuk VT yang FYP kemudian saya posting di hari dan jam yang hampir sama, hasilnya kadang sama viral kadang berbeda, akhirnya saya upload secara acak, hasilnya lebih banyak yang FYP, kadang saya upload VT yang sama hanya beda jam, hasilnya waktu yang pertama upload mentok 200 viewer, dan upload yang kedua lebih banyak viewer.
Sedangkan saat mengunggah ke youtube shorts, subcriber selalu bertambah setiap upload, durasi penonton juga sama bahkan bisa meningkat, dan akhir-akhir ini tidak perlu banyak upload YTS, subcribernya sudah bertambah dengan sendirinya.
Namun sayangnya Youtube saya belum bisa dimonetasi karena walau subcriber sudah 1000 lebih , namun ada salah satu dari dua persyaratan yang mesti di penuhi yaitu
1. 4000 waktu tonton publik selama 365 hari terakhir
2. atau 10 juta penayangan Shorts publik dalam waktu 90 hari terakhir
huh,..! makin sulit saja ya,
Saat ini jumlah subriber 2,270 dan baru memperoleh 460rb penayangan hahaha, 1 juta penayangan saja belum, kalau saya kalkulasi khusus konten saya VIDEO SHORTS dengan durasi 8~25 detik , maka untuk memperoleh 10 juta penayangan Shorts publik, setidaknya saya harus punya subcriber kurang lebih 2 juta.
Wew..bener-bener harus kerja keras ya..
Youtube shorts memiliki basis penggemar yang lebih stabil dan lebih mudah untuk masuk ke dalam algoritme (sering memposting secara konsisten), tetapi TikTok pasti memiliki jumlah pengguna yang lebih besar dan lebih banyak peluang untuk menjadi viral.
jadi saran saya wajib coba keduanya..
Posting Komentar
0 Komentar