Lagi bengong tiba-tiba dapet telp, dengan nada yang lembut, "Hallo dengan ibu atau sdri yang punya toko Lagi trend ?".
Semangat jawab kirain customer yg mau order barang "emmm...iya betul..".
ya singkat cerita, katanya toko ane terpilih untuk menjadi salah satu penjual diaplikasi baru jual beli bernama Shopee. Dan apabila kita setuju maka mohon isi format form yang akan dikirimkan melalui Whatshapp. Trus sempet nolak gitu, dengan alesan saya udah punya toko di Tokopedia saya cuma sendiri mengatur toko kalau punya toko banyak takutnya ribet dan gak ada waktu buat upload2 ,dll.

Tapi dengan ramah marketing Shopee menawarkan apabila kita setuju dan mau mengisi format yang diminta untuk membuka toko, maka mereka akan bantu upload barang di Shoppe dengan mengcopy barang yang kita jual di Instagram atau Tokopedia juga mengatur harga, description dan lain-lainnya, jika sudah aktif kita cuma tinggal terusin aja deh.

Pikir-pikir, satu detik, dua detik sampai tiga detik, hmm oke deh! deal! jawab saya.

Trus tidak lama besoknya kalau gak salah kita dihub disuruh buka link toko di seller office Shopee yang id dan passwordnya sudah dibuatkan sesuai keinginan kita saat mengisi format yang dikirim via WA, Shopee juga bisa didownload melalui aplikasi, pertama-tama memang bingung menggunkan Shopee , tapi lama kelamaan akhirnya paham. Bukan cuma itu, karena saat itu masih promo, shopee menawarkan gratis ongkir atau subsidi ongkir sebesar 30rb pada pembeli atau consumen dengan belanja minimal pembelian 30rb Rupiah disetiap toko (itu termasuk toko aku) hiiiii, gk semua toko loh dapat subsidi promo dari Shopee.

Alhamdulillah hari pertama langsung dapet 3 order, hari kedua 2 order sampe akhirnya ketagihan jualan di Shopee.

Cuma dengan bertambahnya jumlah pengguna aplikasi Jual beli Shopee, Shopee menurunkan promonya dari belanja 30rb dapat ongkir gratis (subsidi 30rb Rupiah) menjadi belanja min 90rb baru dapat ongkir gratis (subsidi 30rb Rupiah) sampai akhirnya sekarang menjadi belanja min 120rb dapat ongkir gratis (subsidi 30rb Rupiah), bisa ditebak, tentu aja makin kesini toko makin sepi, order yang satu bulan bisa sampai 20-30 transaksi menjadi 5-10 transaksi aja.

review :
1. Shopee menyediakan layanan pesan otomatis, jadi pembeli dan penjual bisa tanya jawab layaknya orang sedang chat

2. kemudahan dalam mengontrol transaksi sebelum pembeli melakukan pembayaran.
Kita bisa memberitahukan pada pembeli apakah produk yang akan dia pesan stocknya ready atau tidak, jika tidak kita bisa infokan agar pembeli tidak perlu melakukan pembayaran karena produk yang diinginkan sedang kosong.

3. Pembeli juga bisa melakukan cancel order, untuk penjual ada tombol tolak atau terima cancel order, 
layanan ini lumayan menggangu apabila kita penjual reseller atau dropship dr toko lain, kalau kita tolak pasti pembeli akan kecewa, kalo yang beli murah hati dia cuma bilang "emm..ya udah gak apa-apa process aja sist".
kalau customer yang mangkreng and saklek  ih gimana sih saya kan gak jadi balikin uangnya dan saya gak mau tau, sy maunya order saya ini di cancel".
demi nama baik ya udah kita cancel, tp orderan kita yang dropship ke orang gimana cancelnya ?nasib...nasib..!.

4. Ada layanan nawar juga jadi pembeli bisa nawar-nawar harga sebelum membeli layaknya belanja di pasar tradisional hahaha, saya No to nawar-nawar..harga udah net sist, gan, Bro. tapi selaku penjual bisa mengaktifkan atau menonaktifkan layanan ini

5. Pengiriman awalnya hanya JNE, tapi sekarang sudah bisa Via JNT & Pos
ada layanan Gosend dan dukungan jasa kurir lainnya.
Wilayah yang didukung Go-Send Same Day terhitung bulan Mei 2017 hanyalah wilayah JABODETABEK.(KAB.BOGOR gak masuk)


Jadi ingat ya, klo kita penjual yang mendapat subsidi promo ongkir gratis jangan sekali-kali kirim dan masukin resi salah, nanti kita gak bakal dapet penggantian ongkir dari Shopee.
Misalnya pembeli kita dari ambon ongkirnya kisaran 45rb perkilo, terus salah masukin resi pembeli dari Bandung yang ongkirnya 11rb, sialnya lagi pembeli ini gak belanja melalui Shopee ,
kalau kita tidak revisi dan tidak teliti apabila transaksi selesai maka system Shopee akan otomatis mengganti ongkir yang kita tanggung sebesar 11rb aja bukan 45rb, ini bukanya untung malah jadi rugi deh.

Tapi salut sama shopee, hal ini pernah saya alami. Caranya kita cukup claim ke shopee melalui contact CS Shopee dengan melampirkan bukti transaksi,resi dan alasan yg masuk akal ..dengan baiknya shopee akan mengganti kekurangannya sekita 2-3 hr kerja kedepan .

Segini dulu deh, waktu sharenya tidak cukup, ada waktu dilanjut lagi, Saran ane sih, ente gak usah deh ikut ikutan jualan di Shopee ntar ane banyak saingan tokonya makin sepi😁.